RSS

LEGA….

16 Jun

Ternyata rasanya deg-degan juga pada saat maju konsultasi pada Prof. M tadi. Bagaimana tidak, selama seminggu ini aku belum mendapatkan kejelasan apakah ide penelitian yang aku ajukan diterima atau tidak. Apalagi masukan yang diberikan oleh Prof. E beberapa hari yang lalu hanya berkaitan dengan model yang aku bentuk serta bagaimana penerapannya pada data yang akan aku run. Jujur aja, ide penelitian yang aku usulkan mungkin terdengar agak ‘memaksa’ – buat aku, semuanya harus berasal dari rasa ingin tahu, sehingga nantinya akan timbul rasa eagerness to run it, yang akhirnya akan mengarah pada sikap interest terhadap pokok bahasan tersebut. Buatku, penelitian itu tidak ada yang sulit jika kita punya interest dan eagerness, serta niat untuk melakukannya sampai akhir. Itu-lah perbedaannya kalau kita melakukan penelitian karena terpaksa (atau karena masalah yang.. hehe.. ‘formal’), dengan penelitian yang memang kita lakukan karena kita menyukainya sehingga kita punya rasa ingin tahu yang besar.

Disamping deg-degan karena belum jelasnya ide-ku apakah disetujui atau tidak, juga karena dua orang temanku yang sama-sama mendapatkan pembimbing Prof. M adalah orang-orang yang aku kagumi, yang notabene termasuk top five di angkatan-ku. Jadi merasa kerdil aja.. hehehe😛 Tapi ternyata Prof. M tidak segalak yang aku bayangkan (habis terlalu banyak mendengar kabar angin sih.. – maaf ya pak!) Beliau ternyata lebih kepada strict, dan yang paling membuatku senang adalah … ide penelitian yang aku ajukan (alhamdulillah) akhirnya disetujui oleh beliau, dan…. proposalku mendapatkan coretan yang banyak sekali – cihuii!! 

Kenapa aku begitu senang hanya karena mendapatkan banyak coretan? Itu karena banyaknya coretan menandakan bahwa sang dosen paling tidak membaca dengan teliti baik bahasan maupun konteks bahasanya, serta ide penelitianku (yang menurutku sendiri masih agak sedikit ‘memaksa’ – hehe.. maklum aku mencoba memaksa masuk variabel sesuai logika cerita yang aku rancang, serta membuat-buat model sendiri walau masih belajar ekonometrik), ternyata mendapat respon positif oleh beliau. Paling tidak aku bisa tahu bahwa ‘khayalan’-ku tidak sampai keluar jalur dari penelitian empiris, hehehe😛 (masalahnya yang nulis ini termasuk tipe peneliti yang agak ‘aneh’..😛 )

Akhir kata, yang dapat aku gambarkan dari perasaanku saat ini setelah gelisah pontang-panting di kampus sampai malam, adalah.. LEGAAAAAA.. banget! Artinya untuk seterusnya aku sudah dapat menentukan jalan yang lebih jelas bagi penelitianku, dan semoga saja tidak menemukan banyak hambatan di masa yang akan datang, amien….   

Baiklah, karena aku hanya tidur tiga jam tadi malam… (yawn)… selamat tidur🙂 .. zzZZ

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 16, 2008 in A page of my day

 

Tinggalkan Balasan

 
