RSS

Bangga Jadi Orang Indonesia … (2)

29 Jun

”Oooh… orang Indonesia! Tak heran… mereka memang terkenal cepat dalam memahami pelajaran”. Pernahkah ada diantara kalian mendengar ungkapan seperti ini? Mungkin ada, mungkin tidak. Tapi sejujurnya, ini adalah ungkapan berbahasa Melayu seorang guru Matematika yang berasal dari Afrika Selatan, belasan tahun yang lalu kepada seorang siswa Indonesia. Dunia pendidikan di luar negeri telah banyak mencatat prestasi-prestasi gemilang anak Indonesia, baik dari tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi, maupun tenaga ahli dan profesional. Para anak Indonesia ini telah berhasil menciptakan suatu fenomena yang membanggakan bagi image kecerdasan bangsa kita sehingga kita sangat dihormati karenanya. Tapi apakah kebanggaan dan penghormatan ini membuka mata kita akan kualitas intelektual bangsa kita yang dikagumi? Dan apakah kita semua menyadarinya? Sedihnya tidak, dan ini merupakan fakta. Di luar negeri, image yang telah diciptakan ini saling bersaing dengan salah satu image kita yang lain yang telah lama melekat, yaitu kita sebagai salah satu negara penyalur ’tenaga kerja’ terbesar di dunia. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan tenaga kerja kita yang bekerja mencari rezeki di negeri orang. Ingat, istilah TKI itu tidak hanya untuk pembantu atau buruh pabrik saja, tapi juga termasuk akademisi-akademisi dan para profesional kita yang sedang menimba pengalaman di luar negeri. Jadi jika ada diantara kita yang mencibir istilah TKI, itu sama saja dengan menghina keseluruhan dari mereka, yang notabene secara tidak langsung telah membantu memberikan penghasilan devisa pada negara. Mereka adalah orang-orang yang harus didukung penuh, karena mereka sebenarnya ingin meningkatkan dan membangun kualitas dan taraf hidup, tidak hanya untuk diri mereka sendiri tapi juga lingkungan mereka di tanah air.

Ketidakadilan dan penyiksaan terhadap tenaga kerja Indonesia yang terjadi (banyak dalam hal ini pembantu rumah tangga) selain karena image tenaga kerja kita yang telah direndahkan sejak dahulu, juga diakibatkan oleh kurang dihargainya kualitas skill dari tenaga kerja kita, yang akhirnya membentuk suatu pola diskriminasi dalam beberapa hal seperti upah dan penjaminan kerja. Bagaimana cara kita menindaklanjuti ketidakadilan yang berakibat pada tindakan semena-mena ini? Seperti pendapat saya terdahulu, ”Bangga-lah jadi orang Indonesia”. Kenapa kita harus berbangga menjadi orang Indonesia di luar negeri?

Baiklah, mari kita kilas balik perjalanan sejarah bangsa kita dalam meraih kemerdekaan. Para pahlawan bangsa kita sangat bangga menjadi bagian dari Indonesia. Perasaan bangga ini akhirnya melahirkan suatu harga diri bagi mereka untuk tidak mau diperbudak lagi oleh penjajah. Harga diri yang dijunjung tinggi inilah yang mengerahkan mereka untuk merubah, membangun dan membela diri sehingga mereka berjuang mati-matian untuk meraih kemerdekaan. Coba kita balikkan lagi pada kondisi tenaga kerja kita, baik yang di dalam maupun luar negeri. Jika kita bangga sebagai tenaga kerja Indonesia, kita akan berupaya untuk membangun dan membekali diri dengan pendidikan dan keterampilan sebaik mungkin, sehingga kita memiliki skill yang tidak kalah dengan tenaga kerja dari negara lain. Kita akan berusaha untuk menampilkan performa yang terbaik untuk siapa saja yang membutuhkan jasa kita. Ini semua akan membentuk suatu harga diri yang kuat, yang mana akan dapat menghindari kita dari tindakan semena-mena berbagai pihak. Jika kita telah menciptakan harga diri DAN menghargai diri kita sendiri, maka orang lain akan menghargai dan menghormati kita sebagai individu. Dalam hal inilah arti dari perasaan ”Bangga jadi orang Indonesia” terwujud. Begitukan teman-teman?

Jadi, wahai para tenaga kerja Indonesia… jangan malu untuk mengatakan diri sebagai orang Indonesia. Dimana-mana orang Indonesia sebenarnya telah banyak membantu proses pembangunan banyak negara-negara di dunia. Dan seharusnya mereka berterima kasih pada kalian, karena tanpa kalian akankah proses pembangunan bagi kehidupan mereka berjalan lancar?

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 29, 2007 in Uncategorized

 

One response to “Bangga Jadi Orang Indonesia … (2)

  1. naila

    September 6, 2007 at 8:23 am

    Bisa cari informasi lain tentang tki dari segi positifnya

     

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: